Tuesday, March 29, 2011

Susu Kedelai atau Susu Sapi ?


Susu kedelai instan dalam kemasan, mulai bermunculan. Di luar negeri, hal ini meresahkan produsen susu sapi. Padahal, kalau diperhatikan, susu kedelai instan harganya lebih mahal daripada susu sapi bubuk.

Istilah susu kedelai, sebenarnya kurang di setujui oleh sebagian kecil orang karena susu lebih mengacu kepada cairan yang di hasilkan oleh hewan mamalia. Sedangkan susu kedelai merupakan minuman olahan dari kacang kedelai. Ada beberapa tumbuhan lain yang juga dapat dijadikan bahan makanan berbentuk seperti susu, yaitu almond, kelapa (santan), kentang, kacang namun diantara tumbuhan tumbuhan tersebut, kacang kedelailah yang yang paling lengkap proteinnya.

Para ahli sepakat, tidak ada makanan sebaik susu. Dan seluruh hewan yang tergolong mamalia akan merupakan suatu 'kewajiban' untuk memberikan air susu mereka kepada bayi mereka baik manusia maupun hewan mamalia yang lain. Namun hanya makhluq dari jenis manusialah yang tetap berlanjut mengkonsumsi susu (dalam hal ini susu sapi) hingga dewasa ketika hewan mamalia lainnya tidak.

Sebenarnya, kandungan susu kedelai dan susu sapi hampir hampir mirip. Keduanya mengandung vitamin A, D, E dan K. Perbedaannya terletak pada protein, kandungan kalsium dan jenis karbohidratnya.

Susu Sapi

Susu sapi, diketahui mengandung protein paling komplit dan penyempurna nutrisi (ingat 4 sehat menjadi sempurna dengan susu). Dalam satu gelas susu sapi saja, terkandung 8 gram protein, 12 gram karbohidrat, serta akan mencukupi 30 % kebutuhan kalsium dan mencukupi 50% kebutuhan akan vitamin B12 dan riboflavin. Kandungan forsor dan riboflavinnya jauh lebih banyak daripada susu kedelai. Namun, perlu diperhatikan, setiap gelas dari susu sapi mengandung 34 mg kolesterol. Kolesterol diketahui dapat menyebabkan penyempitan arteri dan salah satu penyebab penyakit jantung dan menaikan kadar LDL atau kolesterol jahat.

Sebagian kecil orang mengalami alergi susu, yaitu akan merasa mual, kembung dan diare jika mengkonsumsi susu sapi. Hal ini karena gangguan yang disebut laktosuria, yaitu ketidakmampuan tubuh untuk mencerna susu karena tidak adanya enzim laktase pada penderita ini. Ada beberapa pemecahan untuk masalah ini yaitu mengkonsumsi produk yang sudah mengolah atau memecah laktosa, atau mengkonsumsi enzim ini dalam bentuk pil, atau memilih susu kedelai sebagai penggantinya.

Susu Kedelai

Kandungan protein susu kedelai memang dibawah dari susu sapi. Dalam segelas susu kedelai mengandung 7 gram protein, 4 gram karbohidrat, 4,5 gram lemak dan sedikit vitamin B. Susu kedelai juga bukan sumber yang baik untuk kalsium.

Tapi susu kedelai sama sekali tidak mengandung kolesterol sebagaimana susu sapi dan kandungan lemak jenuhnya sembilan kali lebih kecil daripada susu sapi. Kandungan isoflavonnya yang amat terkenal itupun baik sekali untuk membantu menurunkan LDL atau kolesterol jahat. Lemak jenuh merupakan kontributor utama dari penyakit jantung. Sebaliknya, susu kedelai memiliki kandungan asam lemak yang jauh lebih sehat sepuluh kali lebih banyak dibandingkan yang terkandung pada susu sapi. Penelitian juga telah membuktikan bahwa seseorang yang mengkonsumsi susu kedelai sebanyak dua kali penyajian memiliki resiko terkena kanker prostat 70 persen lebih kecil dibandingkan yang tidak dan hal ini tidak di temukan pada susu sapi

Namun, dengan adanya kemajuan tekhnologi saat ini, susu sapi berhasil di olah hingga rendah lemak. Susu kedelai pun tak kalah dengan tambahan nutrisi nutrisi hingga menyaingi nutrisi pada susu sapi. Jadi, mana yang anda pilih? Susu sapi atau susu kedelai?

Artikel alqois.blogspot.com

Sumber :

http://www.goaskalice.columbia.edu/1861.html

http://www.medicinenet.com/script/main/art.asp?articlekey=51615

http://www.all-soy-products.com/a21-soy-milk-vs-cow-milk.php

http://www.thedietchannel.com/AskTheExpert/natural-health/Soy-milk-vs-cow-milk-Which-is-better.htm

1 comment:

  1. How to Bet on Sports toto (with a VPN) - Sporting100
    However, it's 토토 사이트 홍보 not just about a straight 울산광역 출장마사지 to your phone, so a VPN can be easily bypassed by a few simple things, 경상북도 출장샵 which include: · Step 1: Open the casino 고양 출장안마 account · Step 2: Open the mobile browser · Step 3: Open a 순천 출장마사지 betting account.

    ReplyDelete